Skip to main content

KONSEP MLDV


Awalnya Sistem Limfatik (Getah Bening) adalah "sesuatu" yang ada di dalam ruang lingkup fisioterapi yang tidak terungkap dan tidak tersentuh karena dianggap berbahaya. Semula sangat tidak dianjurkan memberikan massage pada nodus limfatik karena dapat menyebarkan bakteri dan virus. Pasien dengan pembengkakan pada nodus limfe di pangkal leher biasanya dilakukan operasi untuk membuang nodus tersebut. Demikian juga pada kasus operasi pengangkatan usus buntu, dan limpa (spleen) yang dilakukan tanpa mempertimbangkan bahwa mekanisme pertahanan tubuh akan menurun.

Seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran, sekarang ini telah dipastikan bahwa cairan limfe adalah sumber kekuatan ajaib yang tersembunyi.

Cairan limfe adalah cairan dengan masa yang berat, terdiri dari hampir semua komponen plasma darah, yaitu sel-sel darah putih ,cairan interstisial (cairan diluar/diantara sel), makromolekul dan produk-produk sisa metabolisme lainnya yang masuk ke dalam kapiler limfatik di dalam jaringan perifer dan kemudian ditransportasikan melalui pembuluh limfatik yang lebih besar dan duktus thoracic kembali ke system vaskuler untuk di sirkulasikan kembali ke seluruh tubuh.

Nuklei dari lymphocytes (sel darah putih di dalam nodus limfe) terdiri dari substansi pemberi kehidupan Deoxyribonucleic Acid (DNA) dan juga merupakan alat transportasi dari ciri/karakter genetik semua organisme. Penelitian oleh ahli imunologi juga menyatakan bahwa lymphocytes memproduksi antibody untuk melindungi tubuh melawan virus dan infeksi.

Jika anda ingin kerja ringan tapi penghasilan berlimpah, dan hanya meluangkan waktu untuk beberapa menit di depan komputer anda. saya baru belajar dan sedang merasakkan hasilnya....ayo teman-teman Fisioterapi. KLIK DISINI

Teknik Manual Lymph Drainage diciptakan oleh Emil Vodder, seorang ahli biologi dari Denmark. Sebagai seorang ahli biologi, ide awal terciptanya teknik ini adalah untuk "regenerasi sel".

Untuk membuat sebuah sel tetap hidup dibutuhkan kualitas lingkungan yang bagus, yaitu pH (kondisi asam-basa) yang tepat dan cairan yang selalu bergerak (sirkulasi). Dan gerakan sirkulasi cairan tersebut merupakan kerjasama antara peredaran darah dan peredaran limfe di dalam sirkulasinya masing-masing.

Sistem peredaran darah mendapatkan tenaga untuk bersirkulasi dari mekanisme pompa jantung. Di dalam sirkulasinya, sistem peredaran darah mengangkut oksigen, nutrisi dan lain-lain melalui pembuluh darah arteri yang semuanya dibutuhkan oleh sel-sel di tubuh kita untuk melakukan metabolisme. Setelah sel-sel melakukan metabolisme, maka akan dihasilkan produk-produk hasil dan sisa metabolisme yang harus dialirkan atau bahkan dibuang. Tugas pengangkutan ini sebagian besar dilaksanakan oleh pembuluh vena. Dan untuk melakukan tugas tersebut, pembuluh vena dibantu oleh :
1. Kontraksi otot-otot di sekitar pembuluh vena (sebagai pompa)
2. Pernapasan (respirasi)
3. Tekanan arterial

Namun tidak semua materi tersebut sanggup diangkut oleh pembuluh vena. Hanya 90 % dari cairan tersebut yang dapat diserap oleh vena dengan mekanisme osmotic. Sifat anatomis pembuluh vena juga tidak memungkinkan untuk mengangkut materi-materi berukuran besar, misalnya protein. Sehingga sisanya 10 % diangkut oleh pembuluh limfe.

Sistem Limfatik bukanlah sistem sirkuler. Sistem limfatik merupakan sistem satu arah yang tidak dibantu oleh mekanisme pompa jantung. Sistem limfatik terdiri dari suatu jaringan pembuluh dengan dinding yang tipis yang mengalirkan cairan dan materi dari ruang interstisial. Aliran limfatik berawal dari jaringan kapiler (limfatik terminal) yang mengalirkan cairan dari perifer (tepi) dan mengembalikan cairan tersebut ke sistem kardiovaskuler.

Cairan limfe bertemu dengan lymphocytes di dalam nodus limfe. Dan didalam perjalannya yang melawan gaya gravitasi, mekanisme sistem limfatik ini di fasilitasi oleh:
1. Katup pembuluh limfe
2. Sistem syaraf simpatis
3. Mekanisme pompa otot
4. Pernafasan diafragma
5. Aktifitas aktif dan pasif
6. Gerakan peristaltik organ-organ dalam (viscera)

Lymphatic Drainage (pengairan limfatik) adalah sesuatu yang normal dan merupakan fungsi essensial di dalam tubuh yang sehat. Tetapi aliran ini dapat mengalami hambatan dikarenakan kondisi sakit, cedera, radioterapi atau bahkan stress. Perlu diingat bahwa tubh kita hanya mengijinkan dirinya di drainase oleh aliran ini apabila dalam kondisi rileks, atau kami sebut sebagai "kondisi parasymphatetic". Lawan dari parasymphatetic adalah (Ortho)sympathetic. Dengan menghambat orthosympathetic maka parasympathetic dapat melaksanakan fungsinya. Jadi tujuan pertama dilakukan Manual Lymph Drainage adalah menstimulasi parasympathetic.

Teknik Manual Lymph Drainage ad modum Vodder (MLDV) adalah teknik dengan menggunakan metode inhibisi (menghambat) orthosympathetic dan menstimulasi parasympathetic. Teknik ini selalu diawali dengan teknik Basic yang dilakukan pada area jugular-abdomen-mobilisasi diafragma. Teknik ini akan memberikan efek cepat pada syaraf vagus (syaraf cranial X) yang akan memprovokasi stimulasi sistem parasympathetic sehingga berefek langsung pada seluruh sistem limfatik. Hasilnya adalah relaksasi dan Mental Awarenes (kesadaran mental).

Tekanan yang dilakukan pada teknik ini adalah sangat ringan karena untuk melengkapi tekanan hidrostatik jaringan, dan juga mempunyai efek parasympathetic.

Gerakan memompa pada teknik ini tidak akan memprovokasi keluarnya histamin di bawah kulit yang bisa mengakibatkan hiperemia (kulit memerah) seperti yang selalu terjadi bila dilakukan teknik massage klasik. Teknik gerakan massage klasik tidak mempunyai efek drainase (pengairan) yang sebenarnya karena bersifat kuat/keras, dengan tekanan yang tidak elastis, dan juga malah mengosongkan pembuluh darah bagian dalam sehingga menghindarkan regenerasi plasma dari alirannya ke dalam jaringan. Dan bahkan sering terjadi kerusakan pembuluh-pembuluh dan kapiler-kapiler dengan rasa nyeri dengan adanya hematoma.

Untuk mendapatkan efek pompa cairan maka lymph drainage menggunakan teknik gerakan spiral sirkuler yang memompa cairan ke dalam kemudian keluar dengan konsentrasi sentuhan pada ujung jari. Gerakan spiral juga mengaktifkan pulsasi angion (pembuluh limfe) dan menghambat sistem orthosympathetic.

Dengan teknik ini relaksasi jaringan akan tercapai sehingga memungkinkan cairan limfe untuk penetrasi dengan membawa oksigen dan material pembangun yang baru untuk meregenerasi semua organ dan jaringan.

Pengalaman para praktisi MLDV di lapangan adalah dengan memberikan terapi MLDV ini, mereka (therapis) juga mendapatkan hasil serupa seperti yang diperoleh oleh pasien yaitu berada di dalam "kondisi parasympathetic".

Dan hingga meninggalnya di tahun 1989, Emil Vodder terus mengingatkan kita tentang betapa pentingnya "Great Army of Lymphocytes" kita bagi kesehatan dan keselamatan kita terhadap sakit.

Comments

  1. 2 thumbs up....

    ReplyDelete
  2. MLDV yes yes yes....!
    Kapan MLDV bisa testimoni di TV? pasti akan lebih banyak yang mengenal.

    ReplyDelete
  3. MLDV keajaiban ilmu pengobatan...alami tanpa endapan racun.......sehat alami dengan MLDV...terima kasih ya tuhan telah engkau munculkan ilmu ini

    ReplyDelete
  4. bisa kirim videonya tak...
    matonk..99 upnvj

    ReplyDelete
  5. Kami tinggal di Surabaya Timur, membutuhkan perawatan/ therapy MLDV. Brgkali Anda tahu alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi?
    Terimakasih!
    Email: djonisidik@gmail.com
    Hp: 081 357 820 701
    Telp.: 031 5450386

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan komen apa aja

Popular posts from this blog

WRIST JOINT

Wrist adalah sendi bagian distal dari extremitas superior. Pada dasarnya sendi wrist mempunyai dua derajat kebebasan yaitu parmal-dorsal fleksi serta radial dan ulnar deviasi. Pergelangan tangan, tangan dan jari-jari tangan tersusun dalam kesatuan fungsi yang kompleks. Tangan mempunyai kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan halus (hine movement) yang terkoordinir dan otomatis. Banyak orang yang menggantungkan produktivitas pada kemampuan fungsi tangan yang tiada batasnya. Dalam melakukan aktivitas ditunjang oleh stabilitas dan gerakan dasar dari bahu dan siku. Untuk melakukan gerakan sendi ini juga diperlukan antara lain otot- otot yang membantu menggerakkan pergelangan tangan dan jari-jari, ligament-ligament yang ada di sekitar sendi yang merupakan penghubung kedua buah tulang atau lebih sehingga tulang menjadi kuat untuk melaku kan sebuah gerakan , dan yang terakhir adalah persyarafan yang berperan me nggerakkan otot-otot pada pergelangan tangan sehingga dapat menghasilka

Anatomi Otot-Otot Pengunyah

SUMBER : infofisioterapi.com Perjalanan M. masseter dari arcus zygomaticus ka angulus mandibulae dapat dipalpasi dengan mudah melalui kulit. Pada saat merapatkan gigi, M. temporalis dapat diraba di fossa temporalis. M. Pterygoideus medialis berinsertio pada permukaan dalam angulus mandibulae. M. pterygoideus lateralis berjalan kea rah dalam dari articulatio temporomandibularis. 1. Otot : M. Temporalis Nervus : Nn. Temporales profundi (N. mandibularis (V/3) Origo : Os temporal di bawah linea temporalis inferior, lapisan dalam fascia temporalis Insertio : Apex dan permukaan medial proc. Coronoideuss mandibulae Fungsi : Serabut anterior menutup mulut, serabut posterior menarik mandibula 2. Otot : M. masseter Nervus : N. massetericus (N. mandibularis (V/3) Origo : - Pars superficialis: 2/3 anterior margo inferior arcus zygomaticus - Pars profunda: sepertiga posterior permukaan dalam arcus zygomaticus Insertio : - Pars superficialis : angulus mandibulae, tuberositas masseterica - Pars profu

Plastisitas Otak

TEORI PLASTISIT AS Sampai saat ini pemahaman terhadap struktur dan fungsi otak masih banyak yang berdasarkan pada model hierarki, dimana tiap-tiap bagian otak memiliki struktur tertentu dan memiliki fungsi tertentu pula (Held in Cohen, 1993). Pemahaman terhadap model ini tidaklah salah, tetapi dapat menyebabkan pemahaman terhadap struktur dan fungsi otak menjadi kaku. Seperti adanya pendapat bahwa kerusakan pada otak tidak akan pernah sembuh kembali, sehingga bagian otak yang rusak tersebut akan kehilangan fungsinya secara permanen Seharusnyalah dipahami juga bahwa struktur dan fungsi otak adalah fleksibel terkait dengan berbagai sistem tubuh dan lingkungan. Adalah benar sel-sel otak yang mengalami kematian tidak bisa sembuh kembali, tetapi masih ada kemungkinan ruang dan waktu bahwa fungsi otak yang hilang akibat kerusakan tersebut diambil alih oleh bagian otak yang lain dengan cara atau mekanisme plastisitas yang sampai sekarang masih menjadi misteri, walaupun sedikit