Skip to main content

Petunjuk Cara Belajar Jalan Pada Anak


Pada umumnya bayi menunjukkan kemampuan berjlan saat sekitar ulang tahun pertama, Tetapi sebenarnya kemampuan ini bervariasi antara  rentang usia 9-18 bulan. Jangan khawatir bila bayi Anda mengambil jalan memutar beberapa di sepanjang jalan. Beberapa kelompok anak tidak melalui fase duduk dan  merangkak, tetapi langsung berjalan. Fenomena ini sebenarnya normal. teta[pi keadaan ini sering terjadi pada anak dengan gangguan keseimbangan atau motorik kasar yang ringan. Yang penting pada tahap ini adalah bahwa anak Anda menggunakan lengan dan kaki bersama-sama untuk bergerak.
Seorang bayi membutuhkan sekitar 1.000 jam praktek dari saat mereka berdiri tegak hingga dapat berjalan sendiri. Untuk membantu mempersiapkan berjalan pada anak. Dalam melakukan pembelajaran jalan pada anak sebaiknya orang tua harus bersikap sabar dan telaten. Jangan terlalu menuntut anak harus cepat bisa jalan, karena harus disadari kemampuan berjalan pada anak tidak sama. Orang tua boleh kawatir bila anak hingga usia 18 bulan belum bisa berjalan.
Jika anak Anda melakukan salah satu dari berikut :
  • Berguling-guling di lantai
  • berjalan  seperti Kepiting
  • bergeser  atau merayap
  • Panjat tangga dengan tangannya
Lihatlah kemajuan anak Anda dengan cermat. Apakah bulan ini mengalami kemampuan yang lebih baik  dibanding bulan lalu? Apakah dapat mengangkat sedikit lebih dari tubuhnya dari tanah? Jika demikian, Anda punya tidak perlu khawatir. Jika pada akhir tahun pertama, ia tidak melakukan upaya untuk berkeliling entah bagaimana, berbicara dengan dokter Anda.
Persiapan Berjalan Berjalan

  • Dari lahir:
    Persyaratan paling penting untuk berjalan: otot punggung yang kuat, perkembangan  mengangkat bayi kepala mereka sambil berbaring pada perut mereka. Jadi membuat Anda yakin mendapatkan banyak waktu perut saat terjaga. Tempat mainan yang menarik dan benda-benda di luar jangkauan untuk motivasi.
  • Setelah dia bisa duduk:
    Bantuan berlatih keseimbangan dan mobilitas dengan menggelindingkan bola. Atau sering memberi  mainan di depannya dan bergerak dari sisi ke sisi, cara ini mendorong dia untuk bersandar. Ketika dia menerjang maju atau merangkak, dia akan mengembangkan kekuatan yang lebih di leher, punggung, kaki, dan lengan, serta pengendalian lebih pinggulnya - memungkinkan untuk mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri yang aman.
  • Setelah ia dapat berdiri:
    Biarkan dia berjalan di depan Anda sambil memegang tangannya  dan  berkala melepaskan satu tangan sehingga ia dapat melakukan belajar jalnnya dengan keseimbangan. Atau berdiri beberapa meter darinya dan akan merasa sangat bahagia ketika dia berdiri sendiri. Kejadian ini harius mendapatkan  dorongan dan pujian.
  • Setelah ia dapat  bejalan  Setelah dia telah menguasai berdiri, ia mungkin mulai meninggalkan cetakan tangan ke seluruh rumah saat belajar jalan dengan kaki dan tangan yangbelepotan. Bantu dia dengan furnitur  yang kokoh supaya dia bisa membuat jalan melintasi ruangan. Dia mungkin belum bisa duduk dari posisi berdiri, yang dia ingin lakukan sebelum belajar berjalan sendiri. Bantu meringankan pantatnya ke bawah dengan tangan Anda, kemudian ia akan dapat duduk tanpa menyakiti pantatnya. 
Pencegahan Keamanan 
  • Ketika bayi baru berjalan sangat mungkin mengalami banyak hal  lebih cepat dari yang Anda bayangkan
  • Hapus rendah meja dengan sudut tajam yang sulit untuk menutupi cukup baik untuk mencegah cedera. (Lecet di atas atau di alis sangat umum di antara anak-anak belajar berjalan bahwa dalam kamar rumah sakit darurat mereka disebut luka-meja kopi!)
  • Singkirkan perabot yang mudah mudah.
  • Jauhkan berbagai barang diantaranya  tali, karpet atau barang lain yang membuat anak ;lebih mudah tersandung.
  • Perhatikan keamanan tangga dan daerah lantai yang berseiko terjadi kecelakaan saat bayi anda belajar berjalan
  • Kunci semua peralatan  rumah tangga yang berpotensi membahayakan.
Apakah saya harus membeli baby walker ?
  • Sebaiknya tidak digunakan,  Kanada telah melarang penjualan pejalan kaki, dan American Academy of Pediatrics mendukung larangan serupa di Amerika Serikat. Setiap tahun, ribuan anak-anak berakhir di rumah sakit karena cedera dari menggunakan alat bantu jalan, seperti menjatuhkan menuruni tangga atau mencapai kompor panas.  Bila telah membeli dalam pemakaiannya sebaiknya harus diawasi dengan ketat. Pemakaian baby walker tidak berhubungan dengan kaki bengkok, kaki berbentuk O atau jalan jinjit.
  • Kursi elip bukan cara belajar yang baik.Meskipun mereka memegang anak-anak dalam posisi tegak, mereka tidak membantu mereka belajar berjalan lebih cepat. Bahkan, perangkat ini bahkan mungkin menunda berjalan jika mereka digunakan terlalu sering. tubuh seorang anak tidak sejajar dengan benar ketika ia duduk di salah satu dari mereka. bayi Anda jauh lebih baik di lantai atau di sebuah boks.
Sepatu bayi pertama
  • Saat  dalam ruangan, sebaiknya biarkan anak Anda berjalan-jalan tanpa alas kaki. Kakinya bisa ambil permukaan licin, seperti lantai kayu dan ubin, lebih baik.
  • Bila di luar ruangan sebaiknya memakai  sepasang sepatu.
Tips membeli Sepatu untuk jalan awal pada bayi
  • Jangan berbelanja sepatu  di pagi hari, sejak kaki tumbuh sekitar 5 persen pada akhir hari.
  • Anak Anda harus berdiri ketika Anda memeriksa cocok. Anda harus dapat menekan lebar penuh dengan ibu jari Anda di antara ujung sepatu dan ujung jari kakinya, dan harus ada cukup ruang di tumit untuk menekan kelingking Anda masuk 
  •  Biarkan berjalan tertatih-tatih ke sekeliling di toko sepatu selama lima menit, kemudian mengambil mereka dan melihat kakinya. 
  • Perhatikan perkembangan dan pertubuhan kaki setiap  bulan karena akan  berkembang pesat pada tahap ini. Keadaan ini mungkin mengharuskan selalu berganti sepatu  dua sampai tiga bulan.

Comments

Popular posts from this blog

WRIST JOINT

Wrist adalah sendi bagian distal dari extremitas superior. Pada dasarnya sendi wrist mempunyai dua derajat kebebasan yaitu parmal-dorsal fleksi serta radial dan ulnar deviasi. Pergelangan tangan, tangan dan jari-jari tangan tersusun dalam kesatuan fungsi yang kompleks. Tangan mempunyai kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan halus (hine movement) yang terkoordinir dan otomatis. Banyak orang yang menggantungkan produktivitas pada kemampuan fungsi tangan yang tiada batasnya. Dalam melakukan aktivitas ditunjang oleh stabilitas dan gerakan dasar dari bahu dan siku. Untuk melakukan gerakan sendi ini juga diperlukan antara lain otot- otot yang membantu menggerakkan pergelangan tangan dan jari-jari, ligament-ligament yang ada di sekitar sendi yang merupakan penghubung kedua buah tulang atau lebih sehingga tulang menjadi kuat untuk melaku kan sebuah gerakan , dan yang terakhir adalah persyarafan yang berperan me nggerakkan otot-otot pada pergelangan tangan sehingga dapat menghasilka

Plastisitas Otak

TEORI PLASTISIT AS Sampai saat ini pemahaman terhadap struktur dan fungsi otak masih banyak yang berdasarkan pada model hierarki, dimana tiap-tiap bagian otak memiliki struktur tertentu dan memiliki fungsi tertentu pula (Held in Cohen, 1993). Pemahaman terhadap model ini tidaklah salah, tetapi dapat menyebabkan pemahaman terhadap struktur dan fungsi otak menjadi kaku. Seperti adanya pendapat bahwa kerusakan pada otak tidak akan pernah sembuh kembali, sehingga bagian otak yang rusak tersebut akan kehilangan fungsinya secara permanen Seharusnyalah dipahami juga bahwa struktur dan fungsi otak adalah fleksibel terkait dengan berbagai sistem tubuh dan lingkungan. Adalah benar sel-sel otak yang mengalami kematian tidak bisa sembuh kembali, tetapi masih ada kemungkinan ruang dan waktu bahwa fungsi otak yang hilang akibat kerusakan tersebut diambil alih oleh bagian otak yang lain dengan cara atau mekanisme plastisitas yang sampai sekarang masih menjadi misteri, walaupun sedikit

Anatomi Otot-Otot Pengunyah

SUMBER : infofisioterapi.com Perjalanan M. masseter dari arcus zygomaticus ka angulus mandibulae dapat dipalpasi dengan mudah melalui kulit. Pada saat merapatkan gigi, M. temporalis dapat diraba di fossa temporalis. M. Pterygoideus medialis berinsertio pada permukaan dalam angulus mandibulae. M. pterygoideus lateralis berjalan kea rah dalam dari articulatio temporomandibularis. 1. Otot : M. Temporalis Nervus : Nn. Temporales profundi (N. mandibularis (V/3) Origo : Os temporal di bawah linea temporalis inferior, lapisan dalam fascia temporalis Insertio : Apex dan permukaan medial proc. Coronoideuss mandibulae Fungsi : Serabut anterior menutup mulut, serabut posterior menarik mandibula 2. Otot : M. masseter Nervus : N. massetericus (N. mandibularis (V/3) Origo : - Pars superficialis: 2/3 anterior margo inferior arcus zygomaticus - Pars profunda: sepertiga posterior permukaan dalam arcus zygomaticus Insertio : - Pars superficialis : angulus mandibulae, tuberositas masseterica - Pars profu