Penanganan Terkini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Pada Anak
SUMBER ; Widodo Judarwanto. Children Grow Up Clinic, Jakarta Indonesia
PENDAHULUAN
Istilah attention deficit masih sering menyesatkan. Secara umum, saat ini beberapa teori yang medominasi menunjukkan bahwa orang dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), gangguan perhatian defisit (ADD), benar-benar memiliki kesulitan mengatur perhatian mereka; perhatian menghambat mereka terhadap rangsangan atau fokus terlalu intens pada rangsangan tertentu untuk mengesampingkan apa yang relevan. Di satu sisi terlalu sedikit perhatian, penderita ADHD (ADD) memperhatikan terlalu banyak hal, yang menyebabkan mereka untuk memiliki fokus sedikit.
Tiga bentuk dasar ADHD (ADD) dijelaskan dalam IV Diagnostik dan Statistik Manual (DSM-IV) dari American Psychiatric Association (APA) adalah (1) attentional;. (2) hiperaktif / impulsif, dan ( 3) gabungan, yang paling sering kombinasi bentuk atensi dan hiperaktif.
Fungsi utama neurologis terganggu oleh ketidakseimbangan neurotransmiter ADHD (ADD) jatuh ke dalam kategori fungsi eksekutif.
Terdapat 6 tugas utama fungsi eksekutif yang paling sering terdistorsi pada ADHD (ADD) meliputi
Pergeseran dari satu pola pikir atau strategi yang lain yaitu, fleksibilitas
Organisasi misalnya, mengantisipasi baik kebutuhan dan masalah
Perencanaan misalnya, penetapan tujuan
Memori kerja yaitu, menerima, menyimpan, kemudian mengambil informasi dalam memori jangka pendek
Memisahkan mempengaruhi dari kognisi yaitu, memisahkan emosi seseorang dari alasan seseorang)
Menghambat dan mengatur tindakan verbal dan motorik (misalnya, melompat ke kesimpulan terlalu cepat, kesulitan mengantri dengan cara yang sesuai).
Berlawanan dengan beberapa laporan media, ADHD (ADD) bukanlah hal baru. Pada awal 1900-an, diagnosis menekankan komponen hiperaktivitas. Saat ini bidang folus perhatuian utama pada faktor hiperaktivitas, impulsivitas, dan kurangnya perhatian. Namun, laporan telah menyinggung gangguan yang melibatkan hiperaktif, impulsif, dan kurangnya perhatian dalam hubungannya dengan distractibility dan pola gairah pantas sepanjang sejarah medis. Yang baru adalah kesadaran ditingkatkan ADHD (ADD) sekunder untuk cepat mengumpulkan temuan penelitian dan penambahan kepada DSM pada tahun 1980.
Sejak dua puluh tahun terakhir Gangguan Pemusatan Perhatian ini sering disebut sebagai ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorders. Gangguan ini ditandai dengan adanya ketidakmampuan anak untuk memusatkan perhatiannya pada sesuatu yang dihadapi, sehingga rentang perhatiannya sangat singkat waktunya dibandingkan anak lain yang seusia, Biasanya disertai dengan gejala hiperaktif dan tingkah laku yang impulsif. Kelainan ini dapat mengganggu perkembangan anak dalam hal kognitif, perilaku, sosialisasi maupun komunikasi.
Gangguan hiperaktif merupakan salah satu kelainan yang sering dijumpai pada gangguan perilaku pada anak. Dalam tahun terakhir ini gangguan hiperaktif menjadi masalah yang menjadi sorotan dan menjadi perhatian utama di kalangan medis ataupun di masyarakat umum.. Angka kejadian kelainan ini adalah sekitar 3 – 10%, di Ameriksa serikat sekitar 3-7% sedangkan di negara Jerman, Kanada dan Selandia Baru sekitar 5-10%. Diagnosis and Statistic Manual (DSM IV) menyebutkan prevalensi kejadian ADHD pada anak usia sekolah berkisar antara 3 hingga 5 persen. Di indonesia angka kejadiannya masih belum angka yang pasti, meskipujh tampaknya kelainan ini tampak cukup banyak terjadi.
Terkadang seorang anak hanya dianggap ‘nakal’ atau ‘bandel’ dan ‘bodoh’, sehingga seringkali tidak ditangani secara benar, seperti dengan kekerasan yang dilakukan oleh orang tua dan guru akibat dari kurangnya pengertian dan pemahaman tentang ADHD. Terdapat kecenderungan lebih sering pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Secara epidemiologis rasio kejadian dengan perbandingan 4 : 1. Namun tampaknya semakin lama tampaknya kejadiannya semakin meningkat saja. Sering dijumpai pada anak usia pra sekolah dan usia sekolah, terdapat kecenderungan keluhan ini akan berkurang setelah usia Sekolah Dasar. Meskipun tak jarang beberapa manifestasi klinis tersebut dijumpai pada remaja atau orang dewasa. ADHD adalah gangguan perkembangan yang mempunyai onset gejala sebelum usia 7 tahun. Setelah usia anak, akan menetap saat remaja atau dewasa. Diperkirakan penderita ADHD akan menetap sekitar 15-20% saat dewasa. Sekitar 65% akan mengalami gejala sisa saat usia dewasa atau kadang secara perlahan menghilang. Angka kejadian ADHD saat usia dewasa sekitar 2-7%. Predisposisi kelainan ini adalah 25 persen pada keluarga dengan orang tua yang membakat.
Deteksi dini gangguan ini sangat penting dilakukan untuk meminimalkan gejala dan akibat yang ditimbulkannya dikemudian hari. Hal ini harus melibatkan beberapa lapisan masyarakat. Baik dikalangan medis maupun nonmedis. Dokter umum, dokter spesialis anak dan klinisi lainnya yang berkaitan dengan kesehatn anak harus bisa mendeteksi sejak dini faktor resiko dan gejala yang terjadi. Manifestasi klinis yang terjadi dapat timbul pada usia dini namun gejalanya akan tampak nyata pada saat mulai sekolah melakukan anamnesa terhadap orang tua dan guru, guna mengevaluasi perkembangan dan mengarahkan pola pendidikan dan pengasuhan anak dengan hiperaktif bila dapat dilakukan deteksi dini dan penatalaksanaan pada tahap awal.
ADHD
Pada anak normal seringkali menunjukkan tanda-tanda: kurang perhatian, mudah teralihkan perhatiannya, emosi yang meledak-ledak bahkan aktifitas yang berlebihan. Hanya saja pada anak dengan kelainan ADHD, gejala-gejala ini lebih sering muncul dan lebih berat kualitasnya dibandingkan anak normal seusianya.
Pola perhatian anak terhadap suatu hal terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Kelompok yang paling berat adalah over exklusif dimana seorang anak hanya terfokus pada sesuatu yang menarik perhatiannya tanpa mempedulikan hal lain secara ekstrem (misalnya pada bayi yang sedang memperhatikan kancing bajunya dan tidak mempedulikan rangsangan lain), pola ini disebut autisme. Kelompok dengan derajat sedang terjadi fokus perhatian anak mudah teralihkan. Perhatian hanya mampu bertahan beberapa saat saja oleh suatu rangsangan lain yang mungkin tidak adekuat. Hal ini dinamakan kesulitan perhatian (attention deficit hyperactivity disorder). Kondisi normal adalah pola yang paling baik karena anak mampu memperhatikan sesuatu dan mengalihkannya terhadap yang lain pada saat yang tepat tanpa kehilangan daya konsentrasi, pola ini merupakan pola normal perkembangan mental anak secara matang.
Definisi hiperaktifitas adalah suatu peningkatan aktifitas motorik hingga pada tingkatan tertentu yang menyebabkan gangguan perilaku yang terjadi, setidaknya pada dua tempat dan suasana yang berbeda. Aktifitas anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan yang ditandai dengan gangguan perasaan gelisah, selalu menggerak-gerakkan jari-jari tangan, kaki, pensil, tidak dapat duduk dengan tenang dan selalu meninggalkan tempat duduknya meskipun pada saat dimana dia seharusnya duduk degan tenang.. Terminologi lain yang dipakai mencakup beberapa kelainan perilaku meliputi : perasaan yang meletup-letup, aktifitas yang berlebihan, suka membuat keributan, membangkang dan destruktif yang menetap.
Temperamen seorang anak adalah suatu karakteristik yang hidup dan dinamis, meski terkadang pada seorang anak lebih dinamis dibandingkan anak lain. Bila terjadi peningkatan aktifitas motorik yang berlebihan pada seorang anak dibandingkan anak lain sebayanya, maka sering kali ‘si-anak’ dikeluhkan sebagai hiperaktif oleh orang tuanya. Penilaian semacam ini sangat subyektif dan tergantung dari standar yang dipakai oleh orang tua dalam menilai tingkat aktifitas normal seorang anak. Anggapan bahwa si-anak ‘hiperaktif’ mungkin tidak tepat jika hanya karena si-anak menunjukkan tanda-tanda ‘nakal’ dan ‘bikin ribut’ pada saat tertentu tetapi secara keseluruhan menunjukkan aktifitas yang normal. Dalam hal ‘anak-ini’ justru kepada orang tuanya yang harus diberikan pengertian dan pengetahuan tentang bagaimana membimbing dan mengarahkan secara benar seorang anak dengan pola perilaku yang ‘menurut orang tua’ berlebihan
Epidemiologi
Prevalensi ADHD (ADD) pada anak sekitar 3-7%. ADHD (ADD) dikaitkan dengan komorbiditas psikiatri. Sekitar 50-60% dari individu dengan gangguan ini memenuhi kriteria DSM-IV untuk setidaknya satu dari kondisi hidup bersama mungkin, yang meliputi gangguan belajar, sindrom kaki gelisah, insufisiensi konvergensi mata, depresi, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian antisosial, gangguan penyalahgunaan zat , dan perilaku gangguan. Kemungkinan orang yang memiliki ADHD (ADD) jika ada anggota keluarga telah ADHD (ADD) atau salah satu gangguan umumnya terkait dengan ADHD (ADD) adalah signifikan. Orang dengan ADHD (ADD) telah diidentifikasi di setiap negara yang diteliti, dengan frekuensi yang sebanding.
Morbiditas untuk ADHD (ADD) secara luas bervariasi. Kisaran ini adalah fungsi dari banyak faktor, termasuk wilayah tertentu dari defisit, respon lingkungan pasien untuk dan interaksi dengan defisit, terapi yang diberikan, dan adanya kondisi hidup berdampingan.
ADHD (ADD) yang lebih sering didiagnosis pada anak laki-laki dari pada anak perempuan. Sebagian besar perkiraan rentang rasio pria-perempuan 3:01-4:01 pada populasi klinik. Namun, banyak masyarakat berbasis sampel menghasilkan rasio 2:1. Pengakuan ADHD (ADD) telah meningkat selama dekade terakhir, dan rasio pria-perempuan telah menurun, ini mungkin merupakan hasil dari pengakuan peningkatan ADHD lalai (ADD).
Data mengenai kemungkinan bahwa seorang anak dengan ADHD (ADD) juga akan memiliki gangguan sebagai orang dewasa bertentangan. Sebagai definisi ADHD (ADD) subtipe meningkatkan, beberapa subtipe yang menyebabkan disfungsi lebih dewasa dari yang lain mungkin akan ditemukan. Sekitar 30-80% anak dengan ADHD (ADD) mengalami gangguan tersebut sebagai orang dewasa. Kebanyakan ahli percaya bahwa angka ini jauh di atas 50%.
Gejala hiperaktif dapat menurunkan dengan usia karena tren perkembangan ke arah kontrol diri dan perubahan komposisi otak (yaitu, pemangkasan hubungan saraf berlimpah) yang terjadi selama masa remaja akhir. Namun, orang dengan ADHD (ADD) tahapan perkembangan dewasa nanti daripada populasi rata-rata. Gejala lalai tidak muncul untuk memiliki keuntungan perkembangan yang sama dan cenderung tetap konstan hingga dewasa.
Patofisiologi
Temuan dari studi neuropsikologi menunjukkan bahwa korteks frontal dan sirkuit yang menghubungkan mereka ke ganglia basal sangat penting untuk fungsi eksekutif dan, karena itu, untuk perhatian dan berolahraga penghambatan. Banyak temuan mendukung pandangan ini, termasuk yang dijelaskan dibawah ini.
Fungsi eksekutif adalah tugas utama dari lobus frontal. MRI dari korteks prefrontal kanan mesial pada orang dengan ADHD (ADD) sangat mendukung aktivasi menurun (gairah rendah) selama tugas yang membutuhkan penghambatan respon motorik yang direncanakan dan waktu respon motor untuk isyarat sensorik. MRI pada orang dengan ADHD (ADD) juga sangat mendukung kegiatan melemah di korteks prefrontal kanan lebih rendah dan berekor kiri selama tugas yang melibatkan waktu respon motor untuk isyarat sensorik.
Dalam upaya untuk mengeksplorasi berkorelasi saraf yang menengahi defisit respons inhibisi pada anak dengan ADHD, Spinelli, dkk (2011) meneliti pola fungsional aktivasi otak MRI anak usia 8-13 tahun dengan dan tanpa ADHD pada go / no-go tugas. Sementara penyimpangan dalam perhatian didahului kesalahan respons inhibisi pada anak tanpa ADHD, otak sirkuit terlibat dalam respon seleksi dan kontrol diaktifkan sebelum terjadi kesalahan pada anak dengan ADHD.
Katekolamin adalah neurotransmiter utama dengan frontal lobus-fungsi. Katekolamin neurotransmisi terkontrol dopaminergik dan noradrenergik tampaknya menjadi target utama obat yang digunakan untuk mengobati ADHD (ADD).
Sebuah studi yang dilakukan selasma 10 tahun oleh National Institute of Mental Health (NIMH) menunjukkan bahwa otak anak-anak dan remaja dengan ADHD (ADD) 3-4% lebih kecil daripada anak-anak sehat, dan bahwa pengobatan farmakologis tidak memperbaiki penyebabnya. Para pasien yang lebih parah, lobus frontal mereka yang lebih kecil, materi abu-abu temporal, inti berekor, dan otak kecil itu.
Data dari 357 anak sehat, yang diperoleh dari studi MRI NIH Pengembangan Otak Normal, mencatat bahwa korteks tipis dan lebih lambat korteks menipis dikaitkan dengan skor perhatian yang lebih tinggi masalah, menunjukkan hubungan antara perhatian dan pematangan kortikal.
Selain peran neurotransmiter paling sering dikaitkan dengan lobus frontal dan jalur yang disebutkan di atas, beberapa penyelidikan telah mulai menjajaki kemungkinan peran selama 5-hidroksitriptamin (5-HT). Meskipun daerah motorik otak dipersarafi oleh proyeksi 5-HT, tidak ada hubungan antara 5-HT dan ADHD (ADD) patologi motor yang belum teridentifikasi. Namun, koneksi telah dibuat untuk perhatian-terkait proses. Perubahan Aktifitas 5-HT tidak muncul untuk setidaknya bagian dari penyebab kesulitan dengan sensitivitas persepsi dan pemahaman yang tepat terhadap signifikansi relatif dari stimulasi.
Penyebab
Penyebab pasti dan patologi ADHD masih belum terungkap secara jelas. Seperti halnya gangguan autism, ADHD merupakan statu kelainan yang bersifat multi faktorial. Banyak faktor yang dianggap sebagai peneyebab gangguan ini, diantaranya adalah faktor genetik, perkembangan otak saat kehamilan, perkembangan otak saat perinatal, tingkat kecerdasan (IQ), terjadinya disfungsi metabolisme, ketidak teraturan hormonal, lingkungan fisik, sosial dan pola pengasuhan anak oleh orang tua, guru dan orang-orang yang berpengaruh di sekitarnya.
Banyak penelitian menunjukkan efektifitas pengobatan dengan psychostimulants, yang memfasilitasi pengeluaran dopamine dan noradrenergic tricyclics. Kondisi ini mengungatkan sepukalsi adanya gangguan area otak yang dikaitkan dengan kekuirangan neurotransmitter. Sehingga neurotransmitters dopamine and norepinephrine sering diokaitkan dengan ADHD..
Faktor genetik tampaknya memegang peranan terbesar terjadinya gangguan perilaku ADHD. Beberapa penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa hiperaktifitas yang terjadi pada seorang anak selalu disertai adanya riwayat gangguan yang sama dalam keluarga setidaknya satu orang dalam keluarga dekat. Didapatkan juga sepertiga ayah penderita hiperaktif juga menderita gangguan yang sama pada masa kanak mereka. Orang tua dan saudara penderita ADHD mengalami resiko 2-8 kali lebih mudah terjadi ADHD, kembar monozygotic lebih mudah terjadi ADHD dibandingkan kembar dizygotic juga menunjukkan keterlibatan fator genetik di dalam gangguan ADHD. Keterlibatan genetik dan kromosom memang masih belum diketahui secara pasti. Beberapa gen yang berkaitan dengan kode reseptor dopamine dan produksi serotonin, termasuk DRD4, DRD5, DAT, DBH, 5-HTT, dan 5-HTR1B, banyak dikaitkan dengan ADHD.
Penelitian neuropsikologi menunjukkkan kortek frontal dan sirkuit yang menghubungkan fungsi eksekutif bangsal ganglia. Katekolamin adalah fungsi neurotransmitter utama yang berkaitan dengan fungsi otak lobus frontalis. Sehingga dopaminergic dan noradrenergic neurotransmission tampaknya merupakan target utama dalam pengobatan ADHD.
Teori lain menyebutkan kemungkinan adanya disfungsi sirkuit neuron di otak yang dipengaruhi oleh dopamin sebagai neurotransmitter pencetus gerakan dan sebagai kontrol aktifitas diri. Akibat gangguan otak yang minimal, yang menyebabkan terjadinya hambatan pada sistem kontrol perilaku anak. Dalam penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan MRI didapatkan gambaran disfungsi otak di daerah mesial kanan prefrontal dan striae subcortical yang mengimplikasikan terjadinya hambatan terhadap respon-respon yang tidak relefan dan fungsi-fungsi tertentu. Pada penderita ADHD terdapat kelemahan aktifitas otak bagian korteks prefrontal kanan bawah dan kaudatus kiri yang berkaitan dengan pengaruh keterlambatan waktu terhadap respon motorik terhadap rangsangan sensoris.
Beberapa peneliti lainnya mengungkapkan teori maturation lack atau suatu kelambanan dalam proses perkembangan anak-anak dengan ADHD. Menurut teori ini, penderita akhirnya dapat mengejar keterlambatannya dan keadaan ini dipostulasikan akan terjadi sekitar usia pubertas. Sehingga gejala ini tidak menetap tetapi hanya sementara sebelum keterlambatan yang terjadi dapat dikejar.
Banyak peneliti mengungkapkan penderita ADHD dengan gangguan saluran cerna sering berkaitan dengan penerimaan reaksi makanan tertentu. Teori tentang alergi terhadap makanan, teori feingold yang menduga bahwa salisilat mempunyai efek kurang baik terhadap tingkah laku anak, serta teori bahwa gula merupakan substansi yang merangsang hiperaktifitas pada anak. Disebutkan antara lain tentang teori megavitamin dan ortomolecular sebagai terapinya
Kerusakan jaringan otak atau ‘brain damage yang diakibatkan oleh trauma primer dan trauma yang berulang pada tempat yang sama. Kedua teori ini layak dipertimbangkan sebagai penyebab terjadinya syndrome hiperaktifitas yang oleh penulis dibagi dalam tiga kelompok. Dalam gangguan ini terjadinya penyimpangan struktural dari bentuk normal oleh karena sebab yang bermacam-macam selain oleh karena trauma. Gangguan lain berupa kerusakan susunan saraf pusat (SSP) secara anatomis seperti halnya yang disebabkan oleh infeksi, perdarahan dan hipoksia.
Perubahan lainnya terjadi gangguan fungsi otak tanpa disertai perubahan struktur dan anatomis yang jelas. Penyimpangan ini menyebabkan terjadinya hambatan stimulus atau justru timbulnya stimulus yang berlebihan yang menyebabkan penyimpangan yang signifikan dalam perkembangan hubungan anak dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya.
Penelitian dengan membandingkan gambaran MRI antara anak dengan ADHD dan anak normal, ternyata menghasilkan gambaran yang berbeda, dimana pada anak dengan ADHD memiliki gambaran otak yang lebih simetris dibandingkan anak normal yang pada umumnya otak kanan lebih besar dibandingkan otak kiri.
Dengan pemeriksaan radiologis otak PET (positron emission tomography) didapatkan gambaran bahwa pada anak penderita ADHD dengan gangguan hiperaktif yang lebih dominan didapatkan aktifitas otak yang berlebihan dibandingkan anak yang normal dengan mengukur kadar gula (sebagai sumber energi utama aktifitas otak) yang didapatkan perbedaan yang signifikan antara penderita hiperaktif dan anak normal.
FAKTOR RESIKO
Dalam melakukan deteksi dini gangguan perilaku ini maka perlu diketahui faktor resiko yang bisa mengakibatkan gangguan ADHD. Banyak bukti penelitian yang menunjukkan peranan disfungsi Susunan saraf pusat (SSP). Sehingga beberapa kelainan dan gangguan yang terjadi sejak kehamilan, persalinan dan masa kanak-kanak harus dicermati sebagai faktor resiko.
Selama periode kehamilan, disfungsi SSP disebabkan oleh gangguan metabolik, genetik, infeksi, intoksikasi, obat-obatan terlarang, perokok, alkohol dan faktor psikogenik. Penyakit diabetes dan penyakit preeklamsia juga harus dicermati.
Pada masa persalinan, disebabkan oleh: prematuritas, post date, hambatan persalinan, induksi persalinan, kelainan letak (presentasi bayi), efek samping terapi, depresi sistem immun dan trauma saat kelahiran normal. Sedangkan periode kanak-kanak har5uis dicermati gangguan saluran cerna kronis, infeksi, trauma, terapi medikasi, keracunan, gangguan metabolik, gangguan vaskuler, faktor kejiwaan, keganasan dan terjadinya kejang. Riwayat kecelakaan hingga harus dirawat di rumah sakit,kekerasan secara fisik, verbal, emosi atau merasa diterlantarkan. Trauma yang serius, menerima perlakuan kasar atau merasa kehilangan sesuatu selama masa kanak-kanak, tidak sadar diri atau pingsan.
Diagnosis banding
Anxiety Disorder: Generalized Anxiety
Anxiety Disorder: Obsessive-Compulsive Disorder
Anxiety Disorder: Separation Anxiety and School Refusal
Conduct Disorder
Eating Disorder: Anorexia
Eating Disorder: Bulimia
Learning Disorder: Mathematics
Learning Disorder: Reading
Learning Disorder: Written Expression
Mood Disorder: Bipolar Disorder
Mood Disorder: Depression
Oppositional Defiant Disorder
Pervasive Developmental Disorder
Pervasive Developmental Disorder: Asperger Syndrome
Sleep Disorder: Night Terrors
Sleep Disorder: Nightmares
Sleep Disorder: Problems Associated With Other Disorders
Penaganan
2 komponen utama dalam perawatan medis anak-anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), gangguan perhatian defisit sebelumnya disebut (ADD), adalah terapi perilaku dan farmasi. Komponen farmasi tercakup dalam Obat. Kebanyakan komponen perawatan perilaku berlangsung aktifitas out door atau di luar kantor penyedia utama layanan ini. Komponen umum secara singkat dijelaskan di bawah ini untuk membantu dalam arahan dan konsultasi. Tidak semua komponen yang diperlukan untuk setiap anak.
Intervensi sekolah atau pendidikan
Usia anak pada diagnosis awal dan tingkat keparahan gejala ADHD (ADD) kemungkinan mempengaruhi sejauh mana manfaat anak dari bekerja dengan spesialis pendidikan.
Konsultan awalnya terlibat dengan diagnosis dan evaluasi juga dapat penting dalam mempromosikan pengembangan keterampilan belajar.
Guru memiliki fungsi penting. Umpan balik berkala mereka tentang kinerja sekolah anak melalui penggunaan skala standar, deskripsi narasi, dan telepon tindak lanjut umumnya merupakan komponen yang sangat diperlukan perawatan berkelanjutan.
Pelaksanaan akomodasi akademik dan adaptasi sering diperlukan
Psikoterapi
Bagi remaja, pelatihan ADHD (ADD) , berpartisipasi dalam kelompok pendukung, atau keduanya dapat membantu menormalkan gangguan dan membantu mereka dalam memperoleh baik fokus umpan balik dan informasi umum.
Konselor seperti psikolog, dokter anak perkembangan perilaku, pekerja sosial klinis, dan perawat praktek lanjutan yang juga akrab dengan ADHD (ADD) bisa sangat berharga untuk anak-anak yang terkena dampak dan keluarga mereka.
Modifikasi perilaku dan terapi keluarga biasanya diperlukan untuk perawatan yang optimal.
Kondisi hidup bersama harus ditangani sebagai bagian dari terapi.
Terapi Obat
2 komponen utama dalam perawatan medis anak-anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), gangguan perhatian defisit sebelumnya disebut (ADD), adalah terapi perilaku dan farmasi. Komponen perilaku ditutupi di bagian Perawatan di atas. Dosis Pediatrik obat stimulan untuk penderita ADHD (ADD) di pusat komunitas medis Amerika Serikat berbeda . Tabel di bawah berasal dari protokol percobaan stimulan dari Pusat Affinity, Inc, sebuah pusat untuk evaluasi dan pengobatan ADHD (ADD) dan gangguan mood di Cincinnati, Ohio.
Dosis Pediatric Obat Stimulant
Obat
Dosis Initial Pediatric
Rentang dosis Pediatric dan dosis Maximum
Dosis Umum Pediatric
Persiapan
Methylphenidate immediate release (IR) (Ritalin, Methylin, generic)
2.5-5 mg
0.1-0.8 mg/kg/dose PO qd to 5 times/d; not to exceed 60 mg/d
0.3-0.5 mg/kg/dose PO tid/qid
5-mg, 10-mg, or 20-mg scored tabs; Methylin also available as 2.5-mg, 5-mg, atau 10-mg chewable tab dan PO sol (5 mg/5 mL and 10 mg/mL)
Methylphenidate sustained-release (SR) (Ritalin LA, Metadate CD)
Konversi dari IR atau 10 mg.
0.2-1.4 mg/kg/dose PO qd/tid; not to exceed 60 mg/d
0.6-1 mg/kg/dose PO qd/bid
10-mg, 20-mg, 30-mg, or 40-mg tabs (Metadate 50-mg dan 60-mg tabs.); dapat dicampur makanan(Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah)
Methylphenidate extended release (ER)‡ (Ritalin SR, Methylin ER, Metadate ER, generic SR)
Konversi dari IR.
0.2-1.4 mg/kg/dose PO qd/tid; not to exceed 60 mg/d
0.6-1 mg/kg/dose PO qd/bid
20-mg Spansules (Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah
Methylphenidate OROS tablets (Concerta)
Konversi dari IR atau 18 mg.
0.3-2 mg/kg PO qd; not to exceed 54 mg/d
0.8-1.6 mg/kg PO qd
18-mg, 27-mg, 36-mg, dan 54-mg tabs (Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah
Methylphenidate transdermal patch (Daytrana)†
Konversi dari IR atau 10 mg (12.5 cm2 patch) released over 9 h and titrate up prn.
0.3-2 mg/kg released over 9 h; not to exceed one 30-mg patch
10-30 mg released over 9 h
10-mg, 15-mg, 20-mg, 30-mg patches, applied to the hip
Dexmethylphenidate IR (Focalin)
2.5-5-mg
0.1-0.5 mg/kg/dose PO qd to qid; not to exceed 20 mg/d
0.2-0.3 mg/kg/dose PO bid/tid
2.5-mg, 5-mg, atau 10-mg scored tabs (Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah
Dexmethylphenidate extended release (Focalin-XR)
5-10-mg
0.2-1 mg/kg/dose PO qd to bid; not to exceed 20 mg/d
0.4-0.6 mg/kg/dose PO qd/bid
5-mg, 10-mg, atau 20-mg scored tabs; dapat dicampur makanan(Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah
Dextroamphetamine (Dexedrine, Dextrostat)
2.5-5 mg
0.1-0.7 mg/kg/dose PO qd/qid; not to exceed 60 mg/d
0.3-0.5 mg/kg/dose PO qd/tid
Dexedrine: 5-mg scored tabs; Dextrostat: 5-mg dan 10-mg scored tabs
Dextroamphetamine Spansules (Dexedrine CR)
5 mg
0.1-0.75 mg/kg/dose PO qd/bid; not to exceed 60 mg/d
0.3-0.6 mg/kg/dose PO qd/bid
5-mg, 10-mg, atau 15-mg Spansules; dapatb dicampur makanan(Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah.)
Mixed amphetamine salts IR (Adderall, generic)
2.5-5 mg
0.1-0.7 mg/kg/dose PO qd/qid; not to exceed 40 mg/d
0.3-0.5 mg/kg/dose PO tid/qid
5-mg, 7.5-mg, 10-mg, 12.5-mg, 15-mg, 20-mg, or 30-mg scored tabs
Mixed amphetamine salt XR (Adderall-XR)
Konversi dari IR atau use 5-10 mg
0.2-1.4 mg/kg/dose PO qd/tid
Not to exceed 30 mg/d
0.6-1 mg/kg/dose PO qd/bid
5-mg, 10-mg, 15-mg, 20-mg, 25-mg, or 30-mg Spansules; dapat dicampur makanan(Jangan dipotong, dihancurkan atau dikunyah.)
Lisdexamfetamine (Vyvanse)
30 mg PO qam
30-70 mg PO qam
Data limited (too early to tell)
20-mg, 30-mg, 40-mg, 50-mg, 60-mg, or 70-mg caps (Telan seluruh kapsul, taburi ke makanan lunak, atau larutkan isi segelas air dan segera diminum.)
Catatan.
Secara umum, ketika istilah methylphenidate, Dexedrine, dan Ritalin digunakan tanpa singkatan untuk extended-release persiapan misalnya, rilis terus menerus [CR], SR, osmotik-release sistem lisan [Oros]), short-acting, persiapan IR tersirat.
* Dosis pediatrik maksimum yang disarankan oleh US Food and Drug Administration (FDA). Meskipun beberapa anak mendapatkan keuntungan yang besar dari dosis lebih besar dari ini, manfaat dari penggunaan baik ujung terendah dan tertinggi dari kisaran dosis ini jarang terjadi.
† Patch methylphenidate berisi dosis methylphenidate berbeda total dari namanya karena dirancang untuk terakhir 12 jam (misalnya, 10-mg Patch [patch yang ukuran 12,5 cm2] memberikan sekitar 10 mg lebih dari 9 h [tingkat pengiriman yang diperkirakan adalah 1,1 mg / h untuk patch ini khususnya]). Tingkat Pengiriman bervariasi tergantung pada ukuran patch.
‡ Banyak pasien menggambarkan pengalaman mereka dengan persiapan methylphenidate SR sebagai tidak menentu dan tidak nyaman.
Dosis konversi
Dosis Konversi untuk psikostimulan selalu melalui perkiraan, terutama ketika seseorang mengkonversi antara stimulan, seperti methylphenidate dan dextroamphetamine. Berbagai bentuk obat yang sama memiliki farmakokinetik yang sedikit berbeda, dan pasien sering memiliki respon yang berbeda kepada mereka. Konversi yang direkomendasikan FDA antara short-acting dan long-acting (LA) Olahan dari obat yang sama didasarkan pada upaya untuk mencocokkan serum konsentrasi kurva dan tidak klinis kinerja kurva.
Dalam praktek klinis, rasio untuk mengkonversi antara obat berbeda di setiap ADHD (ADD) manifestasi, efek samping, komorbiditas, dan metabolisme pasien. Perkiraan yang umum dijelaskan dibawah. Pasien individu bervariasi, sehingga menutup tindak lanjut, dan mungkin titrasi, pada awalnya diperlukan.
Untuk persiapan methylphenidate LA, CD, atau ER, mengkonversi dengan menggunakan rasio 2:1 dengan segera-release methylphenidate. Sebagai contoh, Ritalin 10 mg setiap 4 jam diubah menjadi Ritalin LA 20 mg setiap 8 jam. Untuk, efek beberapa pasien terakhir hanya 5-6 jam dengan persiapan LA, meskipun efek berlangsung 3,5-4 jam dengan bentuk IR. Namun, efek pendek dari satu 8-jam persiapan tidak selalu berarti lain persiapan 8-jam memiliki masalah yang sama.
Untuk XR mixed amphetamine salts (MAS), mengkonversi dengan menggunakan rasio 2:1 dengan MAS IR. Waktu paruh dari MAS luas bervariasi antara individu. Beberapa pasien lebih baik dengan dosis kedua yang lebih rendah dan, dengan demikian, dapat mengambil manfaat dari IR dan kombinasi XR pagi.
Dexedrine Spansule tampaknya memiliki varians interpatient terbesar saat mengubah bentuk IR ke bentuk CR. Rasio IR-ke-CR untuk efek klinis setara tampaknya bervariasi dari 1:1 sampai sekitar 1:1,5, namun konversi ini belum diteliti dengan baik. Sebagai contoh, 10 mg setiap 4 jam Dextrostat diubah menjadi Dexedrine CR 10-15 mg setiap 8 jam.
Methylphenidate Oros tablet dikonversi dalam rasio 18:05 dengan methylphenidate. Sebagai contoh, Ritalin 10 mg setiap 4 jam diubah menjadi Concerta 36 mg. Bagi banyak pasien, efek dari tablet Oros berlangsung hanya 9-10 jam dan pasien juga sering menggambarkan obat sebagai waktu lebih lama daripada yang lain akan berlaku.
Methylphenidate Oros tablet dikonversi dalam rasio 18:10 dengan methylphenidate LA, CD, atau ER. Sebagai contoh, Ritalin LA 10 mg q8h diubah menjadi Concerta 18 mg.
Methylphenidate transdermal patch diubah dalam rasio 1:1 dengan methylphenidate IR dan rasio 1:2 dengan persiapan LA, meskipun FDA menyarankan untuk memulai dengan patch dosis terendah dan bekerja ke atas.
Konversi dosis Lisdexamfetamine dapat dibandingkan dengan dextroamphetamine segera-release (Dexedrine IR). Informasi yang menggambarkan resep dengan dosis 100 mg lisdexamfetamine dimesylate sebagai setara dengan d-amfetamin sulfat mg segera-release 40.
Kategori obat
Psikostimulan efektif pada pasien dengan ADHD (ADD). Selain itu, mereka telah tersedia selama beberapa dekade, memungkinkan untuk apresiasi yang kuat dari kurangnya efek samping utama jika digunakan pada dosis terapi.
Blader et al (2009) mengevaluasi kemampuan divalproex untuk mengurangi perilaku agresif pada anak dengan ADHD dan gangguan mengganggu. Anak-anak dengan perilaku agresif gigih yang underresponsive terhadap terapi psikostimulan secara acak ditugaskan untuk menerima divalproex atau plasebo di samping terapi stimulan selama 8 minggu. Proporsi yang lebih tinggi dari perbaikan perilaku diamati pada kelompok divalproex (8 dari 14 [57%]) dibandingkan dengan plasebo (2 dari 13 [15%]). Sebuah percobaan yang lebih besar diperlukan untuk lebih mempelajari penggunaan divalproex untuk memperbaiki perilaku agresif pada pasien dengan ADHD. [6]
Atomoxetine (Strattera), sebuah norepinefrin nonstimulant reuptake inhibitor (SNRI), telah efektif pada banyak orang dengan ADHD (ADD). Ini obat yang relatif baru memiliki kelebihan qd-to-tawaran dosis dan terjadwal status dengan Drug Enforcement Agency (DEA). Namun, kasus kegagalan hati reversibel telah secara langsung dikaitkan dengan atomoxetine, dan evaluasi jangka panjang lainnya efek buruk telah terbatas pada data dari beberapa tahun.
Pasien secara signifikan dapat manfaat lebih dari stimulan daripada dari atomoxetine, tetapi beberapa dapat mengakibatkan kerugian tidak dapat dipertahankan dengan produk stimulan atau dosis. Dalam pengalaman subspecialists banyak, pasien ini mungkin mendapat manfaat dari kombinasi atomoxetine dan stimulan. Bagi banyak pasien, atomoxetine tampaknya menambah efek klinis stimulan, memungkinkan untuk kemanjuran klinis dengan dosis rendah dan mengurangi kemungkinan efek samping.
Antidepresan dan alfa-agonis memiliki peran penting pada beberapa individu dengan ADHD (ADD). Kebanyakan terkenal buruk efek profil. Antidepresan dan alfa-agonis dapat menyebabkan efek samping jantung, dan ini mungkin harus disimpan dalam pikiran.
Sebuah studi kohort terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2011 menunjukkan bahwa penggunaan saat ini atau baru dari obat ADHD pada orang dewasa muda dan paruh baya tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular serius. Keterbatasan studi ini termasuk kurangnya informasi yang lengkap pada beberapa faktor risiko potensial penting.
Clonidine extended-release (Kapvay) disetujui untuk anak-anak dengan ADHD pada September 2010. Para clonidine segera-release telah digunakan off-label untuk ADHD, namun, sedasi adalah kelemahan. Produk extended-release menyediakan fluktuasi kurang dari tingkat serum dan mungkin lebih baik ditoleransi.
Modafinil (Provigil), obat yang digunakan untuk mengobati kantuk di siang hari yang berlebihan, meningkatkan gejala inti dalam banyak anak dengan ADHD (ADD). Dalam penelitian awal pada anak, merugikan mempengaruhi umum terjadi pada tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan plasebo adalah insomnia (24%) dan anoreksia (14%).
Pada Agustus 2006, Cephalon, produsen modafinil (Sparlon), menerima surat nonapprovable dari FDA untuk pengobatan ADHD (ADD). Cephalon telah memutuskan bahwa hal itu tidak akan mengejar pengembangan lebih lanjut dari Sparlon untuk ADHD (ADD). Modafinil masih tersedia sebagai Provigil, yang memang memiliki persetujuan FDA untuk meningkatkan terjaga untuk orang dewasa dengan narkolepsi, sleep apnea, atau shift-kerja gangguan tidur. Banyak ADHD (ADD) spesialis terus menggunakan modafinil pada pasien tertentu tanpa masalah. Untuk melihat informasi dari media briefing yang menjelaskan keputusan FDA, lihat Cephalon Briefing Media.
Transkrip dari Obat Psychopharmacologic Komite Penasihat FDA menit yang menggambarkan ruam diamati dalam uji klinis dengan modafinil yang tersedia. Untuk informasi lebih lanjut lihat Obat FDA Psychopharmacologic menit Komite Penasehat dari tanggal 23 Maret 2006 yang membahas modafinil untuk ADHD
Stimulasi magnetik transkranial (TMS) menggunakan perangkat medis yang berlaku pulsa magnetik noninvasively ke korteks otak untuk depolarize neuron. Telah dilakukan penelitian tentang keamanan dan kemanjuran pada orang muda dengan gangguan attention-deficit/hyperactivity (ADHD). Stimulasi magnetik transkranial menunjukkan hasil yang aman, tanpa efek samping yang serius diamati dalam penelitian percobaan. Perbaikan gejala yang diamati di fase gabungan penelitian, meskipun tidak ada perbedaan antara bentuk aktif dan palsu dari TMS. Efek penting secara klinis harus lebih dinilai dalam studi terkontrol lebih besar.
Follow Up
Tindak lanjut untuk attention deficit hyperactivity disorder ADHD atau ADD, bervariasi dan tergantung pada profil pasien, pengalaman klinisi, dan akses ke penyedia layanan kesehatan.
Setelah kondisi pasien stabil, frekuensi tindak lanjut dari setiap 6-12 minggu sering sesuai untuk tahun pertama.
Setelah itu, pasien yang kondisinya stabil mungkin melakukan yang terbaik dengan kunjungan setiap 4 bulan untuk menilai obat mereka.
Psikoterapi mungkin perlu dilanjutkan selama beberapa bulan sampai beberapa tahun.
Daftar Pustaka
APA. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. 4th ed. Washington, DC: American Psychiatric Association Press; 1994:78-85.
Spinelli S, Joel S, Nelson TE, Vasa RA, Pekar JJ, Mostofsky SH. Different neural patterns are associated with trials preceding inhibitory errors in children with and without attention-deficit/hyperactivity disorder. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. Jul 2011;50(7):705-715.e3.
Ducharme S, Hudziak JJ, Botteron KN, Albaugh MD, Nguyen TV, Karama S, et al. Decreased regional cortical thickness and thinning rate are associated with inattention symptoms in healthy children. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. Jan 2012;51(1):18-27.e2.
Brown TE. Brown ADD Scales. San Antonio, TX: Psychological Corp; 1996:5-6.
Nigg JT, Lewis K, Edinger T, Falk M. Meta-analysis of attention-deficit/hyperactivity disorder or attention-deficit/hyperactivity disorder symptoms, restriction diet, and synthetic food color additives. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. Jan 2012;51(1):86-97.e8.
Blader JC, Schooler NR, Jensen PS, Pliszka SR, Kafantaris V. Adjunctive divalproex versus placebo for children with ADHD and aggression refractory to stimulant monotherapy. Am J Psychiatry. Dec 2009;166(12):1392-401.
Habel LA, Cooper WO, Sox CM, et al. ADHD medications and risk of serious cardiovascular events in young and middle-aged adults. JAMA. Dec 28 2011;306(24):2673-83.
Wilens TE, Bukstein O, Brams M, Cutler AJ, Childress A, Rugino T, et al. A controlled trial of extended-release guanfacine and psychostimulants for attention-deficit/hyperactivity disorder. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. Jan 2012;51(1):74-85.e2.
Elia J, Ambrosini PJ, Rapoport JL. Treatment of attention-deficit-hyperactivity disorder. N Engl J Med. Mar 11 1999;340(10):780-8.
Hunt RD, Paguin A, Payton K. An update on assessment and treatment of complex attention-deficit hyperactivity disorder. Pediatr Ann. Mar 2001;30(3):162-72.
Johnson TM. Evaluating the hyperactive child in your office: is it ADHD?. Am Fam Physician. Jul 1997;56(1):155-60, 168-70.
Millichap JG. Etiologic classification of attention-deficit/hyperactivity disorder. Pediatrics. Feb 2008;121(2):e358-65.
Nadeau KG, Littman E, Quinn P. Understanding Girls With AD/HD. Springfield, MD: Advantage Books; 2000.
Ramchandani P, Joughin C, Zwi M. Attention deficit hyperactivity disorder in children. Clin Evid. Jun 2002;262-71.
Rappley MD. Clinical practice. Attention deficit-hyperactivity disorder. N Engl J Med. Jan 13 2005;352(2):165-73.
Wolraich ML, ed. The Classification of Child and Adolescent Mental Diagnoses in Primary Care: Diagnostic and Statistical Manual for Primary Care (DSM-PC) Child. Elk Grove, IL: American Academy of Pediatrics; 1996.
Wilens TE. Straight Talk about Psychiatric Medications for Kids. New York, NY: Guilford Press; 2002.
Reeves G, Schweitzer J. Pharmacological management of attention-deficit hyperactivity disorder. Expert Opin Pharmacother. Jun 2004;5(6):1313-20.
Spencer TJ, Biederman J, Wilen T. Pharmacotherapy of ADHD with antidepressants. In: Barkley RS, ed. Attention Deficit Hyperactivity Disorder: A Handbook for Diagnosis and Treatment. 2nd ed. New York, NY: Guilford Press; 1998:552-63.
Weaver L, Rostain AL, Mace W, Akhtar U, Moss E, O’Reardon JP. Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) in the Treatment of Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder in Adolescents and Young Adults: A Pilot Study. J ECT. 2012 Apr 30.
ARTIKEL TERKAIT:
Deteksi Dini dan Penanganan Dini ADHD
Anakku Cerdas, Malas Belajar, Kurang Teliti dan Gangguan Konsentrasi
Terapi Obat dan Intervensi Terkini Pada ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
Penanganan Terkini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Pada Anak
Oppositional Defiant Disorder (ODD), Anak Pemarah dan Pemberontak
Selektif mutisme, Gangguan Berbicara Di Depan Umum Pada Anak
Skizofrenia, Kenali Sejak Usia Anak
Autism:
Benarkah Kontroversi Autism dan Imunisasi Thimerosal ?
Cara Menyikapi Kontroversi Autism dan Imunisasi
Penanganan Autism dan Alergi Hipersensitifitas Makanan
Wrist adalah sendi bagian distal dari extremitas superior. Pada dasarnya sendi wrist mempunyai dua derajat kebebasan yaitu parmal-dorsal fleksi serta radial dan ulnar deviasi. Pergelangan tangan, tangan dan jari-jari tangan tersusun dalam kesatuan fungsi yang kompleks. Tangan mempunyai kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan halus (hine movement) yang terkoordinir dan otomatis. Banyak orang yang menggantungkan produktivitas pada kemampuan fungsi tangan yang tiada batasnya. Dalam melakukan aktivitas ditunjang oleh stabilitas dan gerakan dasar dari bahu dan siku. Untuk melakukan gerakan sendi ini juga diperlukan antara lain otot- otot yang membantu menggerakkan pergelangan tangan dan jari-jari, ligament-ligament yang ada di sekitar sendi yang merupakan penghubung kedua buah tulang atau lebih sehingga tulang menjadi kuat untuk melaku kan sebuah gerakan , dan yang terakhir adalah persyarafan yang berperan me nggerakkan otot-otot pada pergelangan tangan sehingga dapat menghasilka
Comments
Post a Comment
silahkan komen apa aja